17 September 2016

Review Sea wash 100% Raw Denim (Rubby Industry)


Permisi agan-agan ane disini mau share pengalaman

pertama ane bikin Denim Fading & Sea Wash Raw denim

Foto Saat Pemakaian 8 Bulan

Pertama sewaktu ane mau coba maen denim Fades ane langsung coba ke celana yang dibeli dari Clothing local indonesia (Rubby Industry) type celananya :

-100% Raw/Dry Denim ( Non Stretch Material )
-Broken Twill
-12oz


Setelah ane share & baca2 Tutor fades yang benar langsung ane praktekin, pertamanya denim ane pake dalam waktu 11-12 Bulan, mengingat denim yang ane punya itu oz nya kecil, otomatis agak sedikit lama bikin effectnya..., inget!! selama denim itu dipake aktivitas sehari-hari jangan sesekali dicuci / kena ujan sedikit pun kalo gk mau gagal fadingnya, kalo agan punya pemikiran loh kok gk dicuci.?nanti bau gimana.?nanti banyak kuman gimana.? 
simple aja jawabnya kalo ane sih ngatasin semua itu ;

 
1. di Jemur dengan Posisi bahan dalem diluar.
2. kalo bisa jangan terlalu kena terik matahari.
3. misalkan cuca lagi sering ujan bisa pake cara di masukin ke kulkas caranya gampang , agan tinggal bungkus rapet itu denim jangan sampai ada udara yang masuk sedikit pun, bisa pake plastik clip setelah itu agan bisa langsung masukin ke kulkas biar bau / kuman-kumannya ilang, setelah beberapa jam agan bisa angin-anginin denim itu biar hawa dingin yang bisa jadi lembab nya ilang.
4. usahakan setelah denim dipakai jangan di taro di tempat-tempat yang lembab yang nimbulin banyak kuman / bau pada denim itu contohnya kamar yang tertutup / belakang pintu karna dengan denim yang jarang di cuci bakalan lembab & bisa2 ada tumbuh jamur di bagian-bagian denim itu sendiri.

Oke, balik lagi ke cerita, setelah ane pake denim di aktivitas selama 8 bulanan tanpa kena air / di cuci sekalipun udah mulai keliatan bentuk effect-effect fades nya, sebenernya sih udah siap pencucian pertama / Sea Wash, tapi ane masih nahan buat coba pake beberapa bulan lagi biar bener2 contras effectnya, 
oiya agan juga bisa nambahin variasi biar fadesnya terlihat unik seperti di bagian :

-Coin Pocket
-Kantong belakang, kalo ane sendiri sih di bagian Coin Pocket pake Tutup oli yang diameternya lumayan lebar & di bagian kantong belakang ane pake kotak rokok kaleng yang sekeliling pinggirannya alus (biar gk cepet robek kalo ke gesek) & juga pake dompet di kantong sebelahnya.


Effect Coin Pocket

Effect Dompet & Kotak Rokok
Setelah sekiranya pemakaian 12 bulan & effect2 fade juga sudah terlihat langsung ane cari hari buat pergi ke pantai, karna ini First Wash biar maksimal ane mau cemplungin ke Pantai, karna kalo Sea Wash lebih bagus bikin Contras effect2 fade nya ketimbang first wash di mesin cuci.

Pas sampe di pantai langsung ane pake Denim yang udah siap di Wash, Dompet yang ane pake buat bikin effectnya juga dipake nyemplung tapi isinya di ganti, tapi ketebalan harus sama kyk dompet yang semula dipake ngebuat effect fade, sekiranya persiapan sudah beres langsung ane nyemplung ke pantai dengan memakai denim itu, yang ane tau saat kita nyemplung di pantai indigo-indigo dari material denim itu sendiri yang semula dari awal belom kita cuci itu bakalan loss kena air asin pantai itu sendiri... 
gak berapa lama ane rendem sambil di pake denimnya, langsung ane deprok di pasir pantai yang kering, terus di gosok-gosok di bagian denim yang udah kebentuk effectnya, untuk lebih jelasnya ane punya cuplikan video pas lagi gosok-gosok ashoy di pantai langsung cek :


Kalo menurut agan-agan udah cukup selama penggosokannya, agan bisa langsung nyempulngin lagi denimnya & di dalem air agan berisihin deh pasir-pasirnya. Kalo ane sendiri penggosokannya beberapa kali, tapi itu tergantung agan2 mau berapa kali, kalo sekiranya udah cukup bisa langsung dibilas denimnya pake air tawar biar bau amis pantainya hilang, setelah itu agan bisa langsung jemur dengan terbalik / bahan dalem dibalik jadi di luar,
Oiya jemurnya juga jangan di bawah terik matahari banget biar gk ngerusak bahan denim itu sendiri.

Ini ane tunjukin hasil effect-effect fade denim yang ane buat :

12 Bulan 100% Raw Denim 1x Sea Wash



Detail Track Effect


Detail Honeycombs Effect

Detail Ropping Effect

Detail Lap Fade

Wallet Fade


Itu detail hasil Fading yang ane bikin, kebanyakan menurut pendapat orang2 / orang tua kita sendiri itu Fading begitu ngegambarin celana yang jelek / kurang layak pakai hehehe...
tapi menurut ane fading itu seni yang kita buat sendiri, kalo diliat sama orang-orang yang udah tau Fading bakalan anggepnya itu seni kok & bukan celana yang gak layak pakai hahaha.

Oke itu aja yang mau ane share dari pengalaman pertama ane bikin Denim fade, sekarang sih ane udah bikin Fade lagi dengan material OZ yang lebih besar, nanti bakalan ane post lagi.
Catatat nih ya : banyak yang berfikir dengan OZ / ketebalan denim yang kecil kita bakalan susah buat fade, engga begitu kok faktanya, buktinya ane bisa fade pake denim 12Oz, asalkan agan-agan bener ngejalanin proses fadenya & effect nya bakalan muncul.

4 comments:

Thanks udah nyimak, silahkan buat masukan / pertanyaan di artikel ini.