18 September 2016

PENDAKIAN GUNUNG RINJANI MEMBUAT RINDU INGIN KEMBALI - PART 1 (BANDARA - PLAWANGAN SEMBALUN)

MT.RINJANI 3726 MASL - PART 1
(PERJALANAN BANDARA - PLAWANGAN SEMBALUN)

Dari Kiri : JARWO , AGUNG , ELDE , RIZI , ANGGIT , ALDI , GITA , TITO , DANU , DIAT

Oke agan-agan sekarang gue ceritain pendakian ke Gunung Rinjani, faktanya rinjani jadi gunung tertinggi ke 3 di Indonesia yg letaknya di kepulauan Lombok - NTB, yaa bisa di bilang perjalanan tentang ;
pengepulan daki , udara dingin , terik matahari , samudra awan , kopi di atas ketinggian , teman perjalanan , rindu & rasa ingin mengulanginya :'( .

pertama gue bikin planning ngedaki ber 2 sama sahabat gue yg namanya Tito 2 bulan sebelum keberangkatan...
Masukan gue sih kalo buat planning sama team itu gausah mateng2 gan nanti kematengan gk enak dimakan hahahah.. mending kyk planning gue setengah mateng tapi langsung meluncur, tau sendiri lah kenapa gue mutusin buat jalan ber 2, karna sebelumnya plannningnya kematengan yg bikin gagal berangkat full team hahaha.
Waktu yang gue ambil untuk ngilang dari peradapan itu sekitar 10 harian, karna selain ngedaki Rinjani gue juga liburan ke tempat2 wisata di lombok.

Transportasi perjalanan menuju lombok ada 2 jalur darat dan udara, tetapi disini ane mutusin buat ambil jalur Udara... tapi tetep budget harus di perhitungin,
Sedikit tips booking Tiket Pesawat biar dapet murah ;
  1. Pesan Sebulan sebelum hari keberangkatan.
  2. Bisa ambil hari-hari tengah seperti Rabu-Jumat , sebenernya sabtu juga bisa cuma selisih beberapa aja.
  3. Pilih jam keberangkatan agak malem faktanya emang lebih murah sih.
  4. Bisa Booking di website tiket-tiket karna suka banyak promonya.
  5. Pastiin tanggal yang untuk keberangkatan gk bentrok sama hari-hari libur besar.
  6. Clear History browser kalo sebelumnya udah pernah search buat pencarian tiket, ulangin cara ini kalo emang mau cari tiket lagi, kalo belom di Clear harganya itu suka mahal gitu.. ane sih udah coba Work kok.
Ini Tiket Promo dari 2 maskapai berbeda yg berhasil gue pesen, keberangkatan & kepulangan gak di pesan di hari yg sama, inget kata gue tadi kalo mau murah pesan 30 hari sebelum keberangkatan.

Berangkat 23 Juli - Pulang 31 Juli

Tiket berangkat gue dapetin dengan harga 568.000/org & Tiket pulang gue dapetin dengan harga 640.000/org
itu semua udah termasuk bagasi 20kg + Ppn bandara juga...
lumayan murah kan tiket PP JKT-LOMBOK seharga (1.208.000/org).
kenapa gue gk mutusin buat ambil jalur Darat.? alesannya yaaa itu waktu yg di tempuh dari jakarta sampai ke lombok bisa 3 hari, beda dengan udara cuma 2 jam perjalanan & budget yg di keluarin juga gak beda jauh sama udara. Jalur darat kan juga butuh makan pas transit... belum lagi buat yg suka ngerokok / ngopi itu pasti bakalan ngeluarin Extra Budget.!!!

22 JULI 2016
Akhirnya hari yg di tunggu tiba juga, dari siang gue udah packing2 Carrier & ngelengkapin barang2 yg belom di bawa, buat masukan aja nih orang kebanyakan terburu -buru itu malah suka lupa bawa barang-barang yang menurutnya itu penting dibawa malah gk kebawa... jadi kalo bisa prepare dari jauh-jauh hari, untuk Gas masak / Pisau gak di bawa karna dilarang saat penerbangan & kita mutusin untuk beli di Lombok .

Packing Carrier dengan Matras & Trash Bag

Masih di tanggal 22 Juli 2016 jam udah nunjukin pukul 03.00 pagi, langsung ane bersiap2 untuk ke
Soekarno-Hatta International Airport, karna menurut gue waktu berangkat jam segini cukup buat ngurus cek in ticket,dllnya... tau sendirilah di indonesia budaya antri itu gimana yaaaa bisa di bilang banyak juga yang gak sabaran & antrian yang gk teratur.
ohh iya untuk E-Ticket agan2 gausah bingung lagi harus di tukerin atau gimana... e-ticket bisa langsung di kasih unjuk aja di counter cek in nya & agan langsung dikasih tiket resminya,
baiknya sebelum Take off kita berdoa semoga perjalanan bisa selamat sampai tujuan .

Sebelum Cek in, dateng agak kecepetan
Selfie dulu sebelum Take off

23 JULI 2016
Perjalanan yg di tempuh jalur udara itu membutuhkan waktu 1jam 55 menit, Pesawat pun Take off pada jam 05.00 & Landing di BIL / LIA (Bandara International Lombok / Lombok International Airport) banyak penyebutan nama untuk bandara ini, buat info aja nih di e-tiket tertera keberangkatan jam 05.00 tiba jam 07.55 kalo di hitung2 sih perjalanan 3 jam tapi aslinya cuma 1jam 55 menit karna di lombok ada perbedaan waktu sekitar 1 jam dari jakarta.

Tiba di Bandara Lombok ( ini gue a.k.a Danu )

ini sahabat gue yang namanya ( Tito )

pas udah sampe kita langsung ke bagian pengambilan bagasi buat ambil Kulkas kehidupan / Carrier...
iya lah ada penyebutan kehidupan buat benda ini, kalo gak ada benda ini kita bisa jadi gembel yaa di lombok hahaha...
sebener nya banyak transportasi untuk menuju Basecamp Sembalun Lawang Rinjani yg merindu ituuu, bisa menggunakan carteran mobil avanza isi 5-6 orang biayanya sekitar *500.000 bisa sampe langsung basecamp sembalun, berhubung kita cuma ber 2 sayang dong pake mobil carteran karna kita sadar kita kesini buat ngelihat keindahan alam yg Tuhan berikan bukan buat ngabisin duit hahaha *mateng banget deh itung-itungannya.

Akhirnya kita mutusin buat ngeteng beli tiket Damri di bandara lombok dengan harga *30.000/org, damri gk ada tujuan langsung ke Basecamp Sembalun lawang... setelah naik damri dari bandara kita pun berhenti di depan Masjid Mas Bagik nama daerahnya gitu sih, dari Mas Bagik kita nerusin lagi buat ke Pasar Aikmel pakai Ojek & jangan lupa agan2 buat nawar harga, harga yg kita dapetin hasil nego santai yaitu *20.000/org yaa lumayan harga buat perjalanan agak jauh dikit ini yaa tapi gak jauh2 banget lah yaaa.

Tempat Transit sebelum melanjutkan ke Basecamp Sembalun Rinjani
Sesampainya di Pasar Aikmel disini kita bisa berbelanja logistik buat pendakian, untuk 2 orang team kita mutusin buat belanja logistik seharga *300.000 kalo di bagi 2 berarti *150.000/org, mengingat pendakian kali ini cukup lama kisaran 4-5 harian.
Setelah logistik sudah di dapat kita gausah bingung buat nerusin ke basecamp sembalun naik apa... disini pun tersedia angkutan mobil bak terbuka untuk menuju basecamp rinjani harga yg di patok yaitu *20.000/org, di mobil ini kita bisa berjumpa dengan pendaki2 lain yang ingin mendaki rinjani, kita bisa saling sapa & berkenalan / bisa juga tuker contact kalo pendakinya cewek hahah kali aja jodoh.

Awal perjalanan dari Pasar Aikmel pun dimulai.!!! di mobil bak terbuka ini kita juga berkenalan dengan pendaki asal PADANG 3 orang namanya ( Elde , Agung , Jarwo ) sempet kita tanya2 juga perjalanan jalur apa yg dipake dan mereka bercerita tentang perjalanan jalur daratnya yg menempuh waktu kisaran 5-6 hari sampai di lombok... Waduh buset.!!! lama juga yaa. Gue pun bersyukur sama tito cuma butuhin waktu perjalanan tak kurang dari 2 jam, gak cuma sama pendaki asal padang kita berkenalan... kita juga berkenalan pendaki asal LOMBOK Mataram 5 orang namanya ( Diat , Anggit , Aldi , Rizi , Gita ) . Selama perjalanan kita pun saling bersenda gurau, padahal kita baru aja saling berkenalan loh tapi kyk udah akrab ketemu lama aja gitu hahaha ketemu pendaki lain tuh asik nya ya begitu. Mobil bak ini terus melaju naik turun di jalur yg menuju basecamp rinjani / desa sembalun lawang.
Gue pun nyempatin foto dan menikmati keindahan alam di desa sembalun ini...
bener2 indah banget gk bisa di gambarin secara detail.! selama perjalanan ke gunung yg punya predikat cantik ini aja sebelum sampe basecampnya kita udah di suguhin pemandangan yg luar biasa gini... terus bagaimana kalo udah di gunung rinjaninya.?? yaaa kalian bisa bayangin sendiri lah gimana indahnya.

View Perbukitan Desa Sembalun Lawang

Masyarakat juga menjadikan tempat ini sebagai ladang cocok tanam

3 Kata buat gambarin tempat ini : HIJAU , ASRI , TEDUH

View menuju Basecamp Sembalun
Waktu menunjukan pukul 13.00 siang, pak supir yg membawa rombongan pendaki pun memberhentikan kami di tempat pendaftaran simaksi Gunung Rinjani sebelum melanjutkan perjalanan, (tadinya sih gue sama tito itu pengennya istirahat dulu di sembalun menginap sehari, perjalanan di mulai besok pagi, tetapi kita mikir buat nyicil track dari sekarang dan masalah ngecamp sedapetnya aja, mengingat jalur rinjani yg cukup jauh).

Tiket yg diberikan saat daftar Simaksi
Balik lagi ke cerita tempat pendaftaran simaksi, disini gue mendaftar simaksi untuk 4 hari pendakian dan biayanya itu *20.000/org, wow.!!! ini termasuk murah untuk 4 hari pendaki hanya di kenakan biaya 20rb.
Setelah pengurusan simaksi selesai kami beserta pendaki lombok & padang memutuskan awal pendakian melalui Bawak Nao dan tidak melalui jalur yg ada Plang Taman Nasional Gunung Rinjani, tenang ajaaa jalur Bawak Nao itu bukan ilegal kok, kata pendaki lombok Via Bawak Nao tembusnya sama2 ke jalur utama, cuma jalur Bawak Nao itu lebih cepat 1 jam mencapai POS 1 dibanding Jalur Plang TNGR.

Sesampainya di Bawak Nao pendaki asal Lombok ini pun mengajak kami pendaki dari jakarta 2org & pendaki dari padang 3org untuk melalukan pendakian bersama. Akhirnya kita pun di ajak ke rumah salah satu orang lombok ini di bawak nao untuk beristirahat dan makan siang serta mempersiapkan pendakian, disini kita pun di suguhi makanan secara gratiss tisss tisss serta tempat peristirahatan sementara sama pendaki lombok ini... duh baik banget yaa bang Diat , Rizi , Gita , Anggit & Aldi , padahal kita baru kenal lohh. Selama istirahat kita pun saling bercanda & bertukar cerita seputar makanan khas daerah masing2 / tentang bahasa daerah masing-masing hahaha, seruuu pokoknya pendakian kali ini tak lepas dari kata Bersyukur & Hoki di pertemukan orang2 baik seperti ini.

Persiapan diri serta re-packing kulkas kehidupan pun sudah selesai kita langsung start bersama team LOMBOK 5org, JAKARTA 2org, PADANG 3org, total team kami 10orang .
tepat pukul 15.00 sore waktu lombok kita semua berdoa daaaaaan Let's Hike.!!!

Start Via Sembalun - Bawak Nao

Jalur Bawak Nao
menurut gue sih lewat Bawak Nao emang lebih cepet & jalurnya teduh ngelewatin hutan, ehh jangan salah...
kita juga nurunin bekas sungai yg udah kering alirannya, pas diturunin tracknya lumayan terjal juga sih. Jalur bawak nao ini tembus di jembatan sebelum ke POS 1 .

Setelah jalur hutan di bawak nao ini jalur terbukanya
Setelah melewati track hutan bawak nao kita pun sampai di ladang savanna, ini tandanya kita sudah mau sampai di pertemuan jalur utamanya, titik pertemuannya di jembatan sebelum di pos 1.
Di savanna ini jam sudah menunjukan pukul 16.10 waktu lombok .

Dari belakang : Tito & Elde otw Pos 1
Selfie dulu pas lagi otw  POS 1
Dari depan : Aldi & Elde
Setelah ngelewatin savanna dengan track yg lumayan melandai tapi banyak juga naeknya -,- yg mengarahin kita ke Pos 1 akhirnya kita sampai di POS 1 pukul 17.00 sore... waktu yg lumayan buat nyicil tracknya, setelah sampe di pos 1 cuaca berkabut kita mutusin istirahat sebentar dan ngejar waktu buat sampe di Pos 2 tempat kita mendirikan tenda sebelum melanjutkan perjalanan besok.

Savanna POS 1 Sudah Berkabut
Dari pos 1 untuk ke pos 2 gk butuh waktu lama kok, sekiranya itu 1jam-30/40menit bahkan bisa lebih cepat buat sampe Pos 2. Cuaca sudah semakin gelap yahhh menurut gue udah gak ada lagi yg perlu di dokumentasiin.

Sesampainya di POS 2 sekiranya jam 18.35, tapi jangan kaget kalo di lombok itu jam 6 sore gelapnya masih keliatan beda sama jakarta kalo jam 6 sore udah gelap banget.
Sesampainya ditempat kita langsung mendikiran tenda & memasak, tak lupa juga kita semua membuat minuman hangat lalu berbaur senda gurau bersama 10 orang team kita.
Udara juga semakin dingin di pos 2, tetapi canda tawa kita masih berlanjut. Pokoknya kalo udah ngopi sama temen baru itu bisa-bisa lupa sama waktu yg ngeharusin buat istirahat, maklum... namanya juga kopi bisa bikin orang lupa hahaha tapi gk lupa temen yaaaa .

Milky Way spot di POS 2
Puncak Rinjani & Bintang-Bintang
24 JULI 2016
Selamat Pagi Rinjani.!!! masih di pos 2 kita udah bangun pagi2 langsung kita semua masak & enggak lupa juga dong ngabadiin moment yg menurut gue itu view dari pos 2 bener-bener keren hahaha maklum narsis.
Makan udah foto udah apa lagi yg belum.? nah kita re-packing lagi kulkas kehidupan buat ngelanjutin perjalanan ke Pos 3 - 7 Bukit Penyesalan - Plawangan Sembalun.
Untuk kalian yg mau ngisi persediaan air di pos 2 juga ada sumber mata air, tempatnya arah jalur balik di bawah jembatan.

Mentari pagi hari di POS 2

View Gunung Rinjani

Ini team kami, mana team kalian.??

Gue cuma ber 2 aja kok dari Jakarta hahaha

View Perbukitan dari POS 2

Setiap puncak itu pasti ngajarin sesuatu hal yg baru
Setelah semua beres kita start dari Pos 2 jam 09.40 Pagi menuju Pos 3. Track yg lewatin ke Pos 3 masih di dominasi savanna yg terbuka, ini bener2 terik jalurnya.! Pohon2 pun jarang di sepanjang jalur, kalo ada juga paling beberapa aja. Kalo berangkat pagi2 santai aja jangan terlalu buru2 tohh puncaknya gk bakalan pergi kemana2, nikmatin aja perjalanannya. Kalo ke rinjani sayang banget gk banyak ngabadiin momentnya, apa lagi Rinjani itu gunung yg menurut para pendaki punya view indah & jadi favorit Turis asing buat di kunjungin... jadi gk heran kalo sepanjang perjalanan kalian semua lebih sering ngeliat bule dibanding pribumi hahaha.

Dari kiri : JARWO , AGUNG , ELDE , RIZI , ANGGIT , ALDI , GITA , TITO , DANU , DIAT
Perjalanan menuju pos 3 itu ajaib banget viewnya, kita bisa ngeliat Puncak rinjani kalo gk ada kabut & ladang savanna yang bener-bener juara banget, tapi gak lupa tracknya yg semakin menanjak yaaa, pastinya nguras tenaga soalnya panas juga, yekali maunya datar/adem terus hahaha kalo maunya datar mending jangan naik gunung hahaha.
Cuaca yang terik sepanjang perjalanan ada baiknya agan-agan pake sunblock / lengan panjang, biar gk item coy.!! kalo gue sendiri takut item nanti gak laku gue hahaha.

Kita semua udah jalan lumayan jauh dari pos 2, akhirnya kita sampe di POS 3 Extra, terus istirahat sebentar dan gk lupa ngisi persediaan air. Di pos 3 extra ini kita bisa nemu sumber mata air, ambil jalur turun ke kanan dari jalur utamanya, agak terjal gitu jalurnya. Air nya itu keluar dari tanah tapi tetep bisa di minum kok. Menurut gue di tempat sumber air di pos 3 extra tempatnya kayak semacam bekas aliran lahar deh.

Sumber Air Pos 3 Extra

Savanna menuju Pos 3

View Savanna menuju Pos 3

Perbukitan Menuju Pos 3
Dari Pos 3 Extra ini kita nerusin perjalanan ke Pos 3, engga lama2 banget kok sampenya, santai aja nikmatin momentnya hehehe. Cumaaaa... yang bikin lama sampe pos 3 itu foto-fotonya hahaha. Semakin dekat ke pos 3 view yang bisa di lihat itu perbukitan, bener2 kereeen dehh. Dari sini kita juga bisa ngeliat yg banyak dibilang orang tentang "7 Bukit Penyesalan" , yaaa bener... keliatannya emang bikin nyesel kayaknya .

7 Bukit Penyesalan bisa terlihat dari Pos 3 Extra

Sekiranya pukul 13.00 siang kita sampe di POS 3.
Cuaca disini gak nentu, kadang turun kabut kadang seketika kabut ilang.
Di pos 3 ini terdapat 2 pos & jaraknya gk begitu jauh yg disediakan buat istirahat para pendaki sebelum disiksa sama yg namanya 7 Bukit Penyesalan. Di pos 3 juga ada sumber mata air, tapi gue engga ngambil air karna persediaan dari pos 3 extra masih ada jadi gk tau persis sumber mata air di pos 3 .

POS 3 Pertama

POS 3 Kedua
Di pos 3 ini biasanya tempat ngecamp buat yg masih capek ngelanjutin perjalanan / udah kesorean sampe di pos ini, mengingat setelah ini jalur yg didaki terus dan terus menanjak... pastinya butuh tenaga yg lebih extra.!!!

Tanjakan Pertama 7 Bukit Penyesalan
Akhirnya bisa ngeliat yg mana sih 7 Bukit Penyesalan yg selama ini orang bilang, yaa jawaban gue gimana yaa tentang 7 bukit penyesalan, udeeh udehh kelar deh pendakian lu kalo naekin ini bukit gk dibarengin doa & semangat yg bener-bener tinggi.
Setelah beristirahat yg cukup, kita mulai ngerasain tanjakan pertama yg terbilang masih lumayan, eeitsss... artikata lumayan disini engga gampang, tetep engap juga mennn apa lagi buat perokok kayak gue ini -,-.

Track 7 Bukit Penyesalan ini masih terbuka tetapi lebih banyak pepohonan ketimbang jalur menuju pos 3, beruntung sih pas kita naekin ini track cuaca lagi berkabut tipis tetapi gk turun hujan sedikit pun.. bersyukur bgt ujan engga turun, banyangin kalo ngelewatin jalur yg bisa di bilang cukup curam ini dengan cuaca hujan.?  duhh.. mending nunda pendakian dah .

Bukit ke 3

Boleh kali moto2 biar adem dikit
Kalo difoto 7 bukit penyesalan keliatan biasa aja yaaa.. coba deh mas lewatin -,- . Beberapa bukit fine-fine di lewatin, gue inget sebelum sampe di bukit ke 3 gue dengan sok kuatnya bilang ke salah satu team gue buat istirahat di pohon ujung bukit yg menurut gue itu udah sampe bukit ke 3.. ternyataaa meeeeeen itu bukan ujung dari bukit ke 3 -,- masih ada terusannya lagi, gue pikir udah gitu lohhh bukit ke 3 istirahat.
Bener-bener ini yg di namain 7 Bukit Penyesalan, mau turun sayang udah jauh, mau nerusin juga agak sedikit batin... yaaa tapi tetep di terusin yang penting "Alon-Alon Asal Kelakon" hehehe.

Sekedar tips aja buat ngatasin capek pas ngedaki 7 Bukit Penyesalan itu enaknya ngobrol sama barengan kalian, bisa juga istirahat ngemil makanan ringan sembari ketawa2 sama team & jangan lupa abadiin momentnya.!
hahahaha gausah terlalu dikejar soal waktu, ngejar waktu kalo fisik gk kuat mau gimana.?? mau berhasil ngelewatin 7 Bukit Penyesalan dengan fisik yg maksa terus gk bisa nerusin ke Puncak.? sayang banget kan udah jauh-jauh hahahaha.

Pos di bukit ke 4

Jalan menuju Bukit ke 5

Porter emang selalu Juara!!!

Singkat cerita kalo engga salah ya di bukit ke 4 ada Pos tempat istirahat sebelum ke bukit ke 5, di pos ini juga banyak pendaki Indonesia maupun Turis.
Enaknya mereka para turis cuma bawa tas kecil menggunakan jasa porter, yaaaa jadi gk terlalu berasa lah yaa Track 7 Bukit Penyesalan .

Pendakian ke bukit ke 5 sampe ke 7 itu semakin tinggi , terjal , cuaca berkabut juga... yang paling keras menurut gue bukit ke 6 sama 7 itu bener2 miring banget kalo gk hati2 yaa kaki lu bisa merosot2 di kemiringannya. Track bukit ke 7 ini beeeeh bener2 nyebuut nyebuut.!!! tapi mau gimana juga cuacanya mau gimana juga tracknya, RINJANI gk lepas dari view yang indah-indah.
View dari bukit ke 7 kanan kiri itu udah tebing yg ada tumbuhan hijaunya, keren banget pokoknya itu pemandangan, jadi sayang kalo pendakian kali ini cuma di lewatin dengan pertanyaan : berapa lama lagi sih.? kok jauh banget.? ini udah bukit ke berapa sih.? kok gk sampe2.? .

Inget gaaan.!!! nikmatin aja prosesnya & percaya aja setelah bukit ke 7 dari bukit penyesalan lu pasti bakalan di suguhin view yang bener-bener AJAIB di Plawangan Sembalun .

Biar pun tas bule ini tas sekolah... dia juga bisa capek gann hahaha
Setiap penantian pasti selalu punya ujung nih gan. Kali ini setelah disiksa habis-habisan sama 7 Bukit Penyesalan yg Rinjani punya. Akhirnya sampe juga di Plawangan Sembalun kurang lebih pukul 17.50 sore, tempat camp akhir sebelum menuju Top Puncak Rinjani / biasa di sebut Puncak Dewi Anjani .

View bagian Belakang dari Pelawangan Sembalun

Pelawangan Sembalun 1
Ini bener2 pas sampe di Plawangan Sembalun 1 langsung buru2 gue Potret sekeliling, beeeeh.!! ajaib banget yg namanya Plawangan Sembalun itu apa lagi View di belakang kita bisa liat gumpalan awan di atas 7 Bukit Penyesalan , kita juga bisa ngeliat Top Puncak Rinjani secara detail kalo gak tertutup kabut.!!! hahaha engga nyesel deh ngelewatin 7 bukit penyesalan klw dapet view begini mahhh.

Sunset di Pelawangan Sembalun I

Top Puncak Rinjani yang begitu Magis!!!
Oke udah foto-foto kita lanjutin jalan... lah kok masih jalan.? ini kan udah di Plawangan Sembalun tempat Camp akhir sebelum ke puncak.!!!

Jadi gini gann, Camp Area di Plawangan Sembalun itu punya 3 tempat Plawangan I , II , III , kita mutusin jalan lagi kisaran jarak 500-600 meter tetep naik turun buat sampe ke Plawangan Sembalun III . Mengingat disitu lebih dekat sumber Air & dekat juga ke Jalur Summit Track Rinjani, di semua Plawangan di Rinjani kalian bisa nikmatin yg namanya Sunrise & Sunset kalo cuaca cerah, Samudra awan, View puncak Rinjani, View Danau Segara Anak & View anak dari Gunung Rinjani yg ada di danau segara anak yaitu Gunung Baru Jari.

Setelah sampai di Plawangan Sembalun III kita langsung buat Tenda, Masak & Bikin makanan ringan seperti ager/jelly buat Summit esok hari.

Jangan lupa budayakan #Sanslife dimanapun berada hehehe
(View Plawangan Sembalun III)
Disarankan untuk memakai pakaian yg cukup tebal karna cuaca di pelawangan sembalun sangat dingin, dan perlu diperhatian untuk tenda alangkah baiknya bisa memakai tenda yg bisa mengurangi udara dingin dari cuaca itu sendiri.

Kalo gue sih cuma sewa tenda dari jakarta yg isi 3 untuk 2 orang karna kita dari jakarta cuma ber 2, disini gue sama Tito lupa ngecek kelayakan tenda kita, apesnya tenda yg kita sewa itu ternyata pintunya gk bisa di tutup karna sletingnya rusak.!!!
duhhh hahaha kacau deh tapi sempet ketawa2 juga bayangin tidur pintu tenda gk ditutup.
Bersyukurnya cuaca dingin masih bisa di kontrol sama jacket yg tebal + Sleeping Bag. Sebenernya itu semua perlu di perhatiin detail2 sebelum memulai pendakian, fungsinya yaaa itu dia buat menjaga fisik kita buat summit keesokan harinya.

Sekiranya artikel Part 1 tentang gimana perjalanan gue dari Bandara Soeta sampai di Plawangan Sembalun cukup sampai disini aja, gue juga bakalan nyeritaain perjalanan Summit Rinjani sampe Danau Segara Anak di Part 2 , pastinya lebih seru.!!!
Thanks udah nyimak agan-agan :) .