19 September 2016

PENDAKIAN GUNUNG RINJANI MEMBUAT RINDU INGIN KEMBALI - PART 2 (PUNCAK RINJANI - DANAU SEGARA ANAK)

MT.RINJANI 3726 MASL - PART 2
(PUNCAK RINJANI - SEGARA ANAK)

Di postingan sebelumnya yg part 1 gue udah nyeritain gimana buat sampe ke basecamp Rinjani via sembalun, biaya, & karakter track yg dilewatin...
sekarang di part 2 gue bakalan ceritain Summit Rinjani sampe ke Segara Anak .

25 JULI 2016
Masih di plawangan sembalun jam 00.00 & masih juga sama 10 orang team kita, tapi kita belom tidur juga karna masih masak dan buat makanan ringan seperti ager/jelly yg nunggu matengnya agak lama yaa terpaksa waktu istirahat kita agak sedikit berkurang, waktu yg optimal buat summit ke puncak rinjani yaa sekitar jam 01.00 / 02.00 pagi sih... tapi team kita mutusin buat summit jam 03.00 karna istirahat yg belum cukup di pelawangan sembalun ini, gak lama ager yg dimasak buat persiapan summit udah mateng gue & tito mutusin buat langsung istirahat.

Saran aja sih kalo kalian2 pada masak jangan sampe lewat dari jam 00.00 klw besoknya harus summit.!! capeknya masih berasa karna waktu tidur yg sebentar hehehe...
niatnya sih yaaa summit mau jam 03.00 ternyataaa... apess... kita kesiangan malah baru bangun jam 04.00 pagi.

Tapi tenang buat summit jam 04.00 pagi itu masih bisa karna rinjani gunung yg gk ada patokan misal jam sekian2 udah gk boleh summit hahaha, disana 24jam bisa summit... yaa kalo agan2 bisa tahan panasnya sih bisa aja summit jam 12 siang,
lanjut lagi kita persiapan pakaian & barang yg dibawa buat summit contohnya ; Headlamp (penerangan jalur) , Jacket tebel (kalo bisa windbreaker & polar) , Gaiter (pelindung kaki) ,
Buff (masker pelindung bagian muka) , Sarung tangan gunung (biar tangan gk cepet dingin) , makanan ringan (biskuit , jelly , roti / puding) & Air (perannya penting banget buat summit karna kita bakalan ngerasain capek dan haus yg lebih dari sebelumnya di jalur ini) , satu lagi kayaknya yaa.. kamera juga jangan lupa buat abadiin moment kalian kalo berhasil sampe di top puncaknya hehehe.

Karna gue & team ngecamp di Plawangan sembalun III jadi jalur summitnya langsung di sampingnya / lebih deket.
Jalur yg di lewatin pertama kali masih santai pasir2 merosot dikit hahaha belum miring2 banget, keatasnya semakin tinggi pasirnya juga agak dalem kalo di injek, tapi tetep hati2 kepeleset, tetap cari tumpuan buat di injak yg bener2 padet.
Cuaca pukul 04.00 pagi itu juga lumayan dinginnya banget.!!! makannya perlengkapan kudu bener safety, banyak debu yg terbang bikin nafas kita gk enak di track ini, makannya fungsi buff dibutuhin disini.

Sunrise di track awal
Akhirnya setelah jalan di track awal lumayan lama kita semua sampe di jalur utama, jalur utama ini jalur yg ngarahin kita langsung ke top puncaknya jadi tinggal lurus aja... jalurnya jelas kok keliatan, kalo di jalur awal harus naek sampe kyk semacam jalur utamanya / kaldera rimnya rinjani .

Kalo udah di jalur utama nya ini udah enak kok tinggal lurus aja jalur nya juga ada bonus tapi klw masih gelap tetep pake headlamp & hati2 karna disini kanan kirinya udah jurang.!! bagian kanan kalo terang kita bisa ngeliat gedenya anak gunung rinjani yaitu gunung baru jari & kita juga bisa ngeliat luasnya yg namanya danau segara anak dari sini, bener-bener wah banget deh view nya itu.
Karna kita baru start summit jam 04.00 pagi kita cuma bisa ngerasain sunrise di jalan utamanya bukan di puncaknya, yaa tapi gpp lah namanya juga capek hahaha jadi summitnya kesiangan deh.

Pelawangan sembalun masih keliatan dari jalur utama ini

Sunrise masih di awal jalur
Jalur utama di bagian awal, bagian kanan View Segara Anak & Baru Jari

Di track ini pasir yg berdebu udah agak berkurang, cuaca juga semakin dingin gue juga ngerasain sendiri dinginnya sampe meler dari idung, di sepanjang jalur ini ada banyak batu besar yg menurut gue cukup layak buat tempat istirahat dibalik batunya biar angin yg kenceng sedikit2 bisa ketahan batunya... gak enak banget kan yg namanya dingin terus angin kenceng itu, ohhiya gue juga liat beberapa bule di pinggiran jalur ini ampe di selimutin foil & sleeping bag... mungkin dia kedinginan kali yaaa.
Pokoknya kalian kalo summit kemana aja fisik perlu diperhatiin banget2 deh.
Puncak itu bukan tujuan utama dari pendakian, tetapi yg jadi tujuan utama itu pulang dengan selamat sampai dirumah.

Track Pasir berbatu

Saran gue sih kalo emang fisik gk kuat banget udah terlalu capek jng di paksain... masih bisa puncaknya di remedial hehehe macam ulangan aja yaa ada remedial, semakin jauh kita berjalan kita bakalan di temuin sama track yg banyak kerikil + batuan yg lumayan besar & pasirnya juga agak dalem kalo di injek jadi hati2 mengingat kanan kiri itu udah jurang, salah satu team kita yg namanya bang rizi dari lombok karna dia udah beberapa kali juga naikin rinjani dia bilang sih banyak orang2 yang gk beruntung nasibnya jatuh ke jurang itu, makannye tetep hati2 naekinnya walaupun bakalan merosot2 sedikit.

Akhirnya masuk juga di track pasir berbatu... untuk menuju Top Puncak Rinjani ini waktu yang dibutuhin kisaran 6-7 jam, bisa juga lebih cepat atau lebih lama itu tergantung fisik perorangan aja sih...
track yg di dominasi pasir yg berbatu ini kalo di injek agak merosot yaaa emang buat capek juga sih kalo di injek merosot...merosot.. lagi, sarannya buat ngelewatin jalur ini agan-agan bisa injek di bagian pasir yg bekas di injek pendaki lain karna lebih padat buat tumpuan kaki kita biar gk merosot.

Istirahat dulu boleh kali yaa hehehe
Kalo udah di jalur ini tuh emang puncak udah keliatan & Pelawangan Sembalun juga bisa kita liat dari sini keliatan tenda2 kecil, tapi jalur ini susahnya minta ampun gue sendiri ngerasain beberapa langkah berenti2 capeknya bener-bener gk tahan lewatin jalur ini, ini yg kebanyakan pendaki bilang jalur Leter E karna kalo diliat dari bawah ujung puncak keliatan jalur yang bentuknya seperti huruf E dari mulai track pasir berbatu sampe di puncaknya itu.

Track Leter E
Semakin jauh semakin sulit dari apa yang dilihat...
hahaha sok puitis ceritanya, di jalur ini gue cuma sama team gue yg namanya Elde dari padang, sisa kita ber 2 dari team karna emang kita istirahatnya paling lama dan naiknya paling santai hahaha.

Sempet putus asa karna jalur yg semakin naik & merosot kalo di injek atau gimana kali ya si Elde ini ngomong ke gue buat ngajakin gue turun, loohhh.!!!
gue kaget ngedenger dia bilang apa barusan, langsung deh kata-kata mutiara gue keluar buat nyemangatin dia yg ngajakin turun, hahaha gue cuma bilang ke dia "deee kita jalan pelan-pelan aja nanti juga sampe, disini gk ada patokan waktu buat sampe di puncak jadi santai aja, inget de lu dari padang buat ke lombok ngabisin waktu 5-6 hari & fisik lu masih kuat buat sampe ke puncak, mumpung udah setengah ayo kita jalan pelan2, kalo udah sampe puncak kita pegang batu di puncak, udahhhh kita turun lagi" .

Kanan : Elde dari Padang
Elde melangkah dengan semangatnya hahaha
Akhirnya dia juga mungkin mikir gimana jauh nya dia dari padang buat sampe ke lombok ngedaki rinjani, dia langsung bangun nerusin jalan lagi pelan2 beriringan sama gue buat sampe ke puncak.

Singkat cerita sekitar jam 10.10 itu gue sama elde udah sampe di puncak & disana juga udah ada team kita yg duluan sampe puncak, kalo soal cuaca itu sepanjang jalur summitnya terang & belum berkabut jam-jam segini, kalo dibawah jam 12 siang mungkin udah berkabut jadi kita alhamdulilah bgt dikasih cuaca yg cerah & gk hujan.
Sekali lagi banyak2 terimakasih banget sama Allah yang udah ngasih kelancaran dari awal sampai bisa napakin kaki di Puncak ke 3 tertinggi di Indonesia / Puncak Dewi Anjani 3726 MDPL .

TOP PUNCAK MT.RINJANI 3726 MASL

Pendaki yang semangatnya berkali lipat untuk sampai di Puncak

View Plawangan Sembalun tertutup awan
Buat renungan aja sih sebentar... pas gue di sekeliling dari atas puncak rinjani ngeliat pendaki2 yang masih berjuang buat sampe ke puncak & tenda2 di plawangan itu keliatan kecil banget diliat dari sini, terus gimana kalo kita semua diliat sama tuhan yg lebih jauh di atas sana.? , bersyukurlah buat kita semua masih dikasih kesehatan, rezeki & umur panjang, kaki kita memang sudah menapaki puncak yg tinggi, tetapi hati harus tetap rendah & janganlah merasa lebih tinggi selagi masih ada yg lebih tinggi dari kita... yaitu Allah.

Berdiri di Top Puncak bersama Sahabat

TOP RINJANI 3726 MDPL

View Segara Anak dari Puncak Rinjani
Dari puncak Rinjani view yg terlihat ada 3 pulau gili : gili tarawangan , gili meno , gili air & kita bisa melihat dengan jelas kalau tidak berkabut view Baru Jari di segara anak , disini juga jelas terlihat samudra awan yg menggumpal.
Sunggu indah ciptaanmu yaAllah...

Sekitar 20 menit kita di puncak, panas pun sudah lumayan terasa dan kita bersama team memutuskan untuk turun ke pelawangan sembalun. Perjalanan ini otomatis lebih cepat dibanding kita naik ke puncak hehehe, jelas lah kan kita ke dorong gaya gravitasi buat turun ke bawah, tapi tetap hati2 disini kalo kita terburu-buru / berlari menuruni nya kita bisa terperosok ke dalam jurang, karna jalur Pasir yang berbatu ini lumayan cukup licin & dalem kalo di injak.

Sesampainya di Plawangan Sembalun tempat tenda kami berdiri, team kami yg berjumlah 10 orang pun beristirahat & membicarakan apa mau langsung turun ke danau segara anak / menginap sehari lagi di pelawangan, karna dari beberapa team kami masih capek / pusing... mungkin karna cuaca saat summit yg secara cepat berganti, misalkan lagi panas tiba2 jadi dingin & berganti-ganti di waktu yg singkat.

Okey dari keputusan hasil rapat... cielah rapat hahaha, dari 10 orang team kami yg terdiri dari jakarta 2org lombok 5org & padang 3org, akhirnya pendaki lombok yg 5 orang mutusin buat langsung turun ke danau karna mereka mau di segara anak 2 malam & kami bersama pendaki asal padang 3 orang mutusin buat bermalam lagi di Pelawangan Sembalun III .

Nongkrong di Puncak hahaha
26 JULI 2016
Selamat Pagi Plawangan Sembalun.!!!
Pagi ini kita kebangun sama musik yg di stel porter di pelawangan sembalun lumayan keras juga sih suaranya, lagu yg di stel itu lagu2 khas lombok / lagu daerah lombok.
Okeeeh kali ini gue bakalan lanjutin cerita dari pelawangan sembalun buat turun kebawah / Danau Segara Anak .

View Segara Anak
Tenda aja berdua.. terus kita kapan ber 2 di gunung.? hahaha

Rumah sementara di Gunung
Pagi itu yang pertama kita lakuin pas bangun tidur di pelawangan sembalun itu bukan re-packing buat turun ke segara anak hahaha, tapi kita malah sibuk foto2 sebelum ninggalin plawangan sembalun, sayang meeen kita kan gk sering2 kesini... bener kan.? .

Engga lama foto2 di cuaca yg cerah pagi ini, kita semua langsung buat sarapan... "Sarden" menu kita kali ini karna praktis juga kan hahaha. Buat info aja nih di plawangan itu pagi2 udah banyak monyetnya.!!! kalo kita teledor naro barang monyet itu bisa ngambilin barang2 kita, untungnya dari team kami yg sisa 5 orang yg di ambil cuma minyak goreng... dasar monyet aneh2 aja doyan minyak goreng -,- .

Porter asik maen Gaplek~
Foto-foto udah, sarapan udah & saatnya kita ambil persediaan air yg tempatnya dibelakang camp area, agak jalan turun & lumayan licin lewatinnya, tetep hati2 disini lebih banyak monyetnya hahaha, team kita yg namanya Agung asal Padang ini dikejar monyet dan hampir terjatuh hahaha sial monyet lagi.!!!

Di sumber mata air ini ada 2 bangunan yg sepertinya jadi WC tapi udah kotor banyak ranjau (pup pendaki). Di sumber mata air ini bisa kita gunain buat ambil air minum, gosok gigi, pup (jangan sembarangan), atau sekedar cuci muka karna kita udah lama gk mandi juga kan hahaha. Mata air di plawangan sembalun enak & seger kalo diminum, sampe-sampe temen gue yg namanya Tito nagih sama airnya hahaha.

Plawangan Sembalun III

Ini Tito lagi nikmatin pemandangan sebelum turun
Kita mutusin buat turun ke danau jam 12 siang, re-packing pun kita mulai karna lebih cepat lebih baik. Untuk turun ke danau segara anak kita butuhin waktu kurang lebih 4 jam bisa lebih cepet juga tergantung cuaca juga kalo lagi berkabut biasanya harus lebih hati2.

Kalo agan-agan punya pertanyaan kenapa kok mau turun ke segara anak aja waktunya lama banget sampe 4 jam.?
gini gan singkatnya biar gk bingung kenapa turun aja musti butuhin waktu lama.? karna yg kita turunin itu tebing buat ke segara anak hahaha, tracknya itu di dominasi batuan besar, iyalah namanya juga tebing hehehe.
Porter nyaranin kalo turun kabut mending berhenti di jalur dulu kalo mau nuruninnya, karna di jalur ini suka banyak orang yg nasibnya gk selamet, mungkin kurang hati2 buat nuruninnya .

See You Puncak Rinjani~

Entah harus nahan rindu berapa tahun lagi untuk kesini

Re-packing Carrier pun selesai kita langsung jalan menuju plawangan sembalun I buat turun ke danau, kalo di liat dari pelawangan ke bawah danau segara anak keliatan deket...
faktanya beda banget -,- .
Sepanjang jalur ini juga curam, lumayan jauh & berkabut juga pas gue sama team nuruninnya, tapi disni banyak bule-bule udah oma2 masih suka naik gunung lohhh...
wihhh keren deh omaaa masih kuat hahaha.

Elde & Kulkas kehidupannya

Track di dominasi bebatuan
Cukup lama kita berjalan meninggalkan pelawangan sembalun menuruni tebing menuju danau, sekitar pukul 16.20 sampai di Camp area Danau Segara Anak dan bertemu kembali dengan 5 pendaki asal lombok yg berpisah kemarin di pelawangan sembalun, dengan cepat kita mendirikan tenda & mempersiapkan alat pancing untuk memancing di Danau Segara Anak.
Rugi deh kalo engga nyobain buat mancing di danau yg semegah ini hehehehe.

Mancing Maniaaaaa
Hello Baru Jari
Terang pun berganti menjadi gelap & kabut mulai turun di danau segara anak, sekiranya tangkapan ikan kami bersama team sudah cukup untuk makan malam ini & kami langsung buru2 eksekusi ikan hasil tangkapan, ikan yg di dapat rata2 ikan mas / nila.
Walaupun danau ini bisa di sebut danau vulkanik tetapi ikan disini masih bisa di makan kok, rasanya juga enak haha tergantung ngolahnya aja gimana meen.

Ikan menu malam ini

ada yg nonton ada yg masak termasuk gue hahaha
Sampe juga di titik dimana perut kita udah nagih buat makan hahaha, ngolah ikan begini gk terlalu repot kok, kita cuma buang kotoran dalem perutnya dan di bersihin sampe sekiranya bersih langsung campurin bumbu instan / yang udah jadi biar gk terlalu repot, daaan goreng dehh.. ikan siap di santap.

muka muka lafar ini hahaha

Penampakan kaki - kaki pemangsa
Ohiya buat agan2 yg males bawa pancingan dari rumah enaknya bawa benangnya aja sama kailnya dan umpan bisa pakai sosis yg udah mateng bisa juga pake pelet, ikan di segara anak ini cukup banyak jadi jangan takut kehabisan hahaha dapetinnya juga gk susah kok... kita saking kebanyakan dapet ikan sampe ada sisa buat dimakan besok dan kita juga ngajakin 3 pendaki asal tasik buat gabung makan bersama... sayang kan kalo ikan yg banyak ini gk di habisin.

Makan malem beres terus ngapain lagi.? ya ngopi lah hahaha jangan lewatin buat kopi dimanapun nih.
Di tengah-tengah coffee time, anak lombok yg udah 2 malem di segara anak nyeritain kalo mandi di hotspring yg letaknya gk jauh dari camp area ini enak banget... walaupun udah malem gk nguruing niat kita ber 5  gue, tito, elde, agung, jarwo...
berhubung kita gk tau banget letak hotspringnya kan kalo coba nyari jalur juga bahaya udah malem gini... salah2 bisa masuk jurang hahaha, lagi-lagi pendaki lombok yg namanya bang rizi mau nganterin kita... soalnya sekalian juga ngisi ulang persediaan air karna kita gk bisa minum air dari danau segara anak... jadi kita harus ambil di sumber mata air yg letak nya berdekatan dari hotspring di segara anak.

Sesampainya di tkp gue masih keadaan pake headlamp gk sengaja kesorot kanan kiri... ternyata disana masih banyak penduduk asli lombok / suku sasak yg lagi berendem gitu entah semedi atau gimana, pendaki2 lain juga masih banyak yg masih ngerendem.
Di Hotspring niatnya gue sama tito, elde, agung cuma ngerendem kaki sambil santai2 ngobrol dan gk ngerendem full body karna cuaca disitu bener-bener dingin, kalo pas ngerendemnya sih anget tapi pas keluarnya takut kedinginan banget, tapi Bang Rizi bilang ngerendem aja semua badan gpp kapan lagi kalian nyobain begini di gunung.
Sempet mikir kapan dan dimana lagi gue nyobain hotspring di gunung, kali aja setelah ngerendem badan jd lebih enteng pegel2 ilang... dan kita semua cobain ngerendem full body.

Suasananya disitu tenang, adem, view ke langit banyak bintang... duhh rinjani ini emang bener2 banyak bonusnya.
Kalo kita ngerendem gini ibarat kata kayak yakuza hahahah tapi lebih gembel kita wkwkwkwk, yakuza ngerendem di air panas dibarengin cewek & wine, beda dengan kita ditemenin batang semua & rokok hahaha eeiittssss tapi kita gk lupa ditemenin ribuan bintang di langit, keren pokoknya view bintangnya.

Sekiranya badan udah cukup ngerendem di Hotspring kita langsung balik lg ke camp area, testimoninya sih setelah ngerendem malem2 di air hangat itu badan terasa enteng & malah gk terasa dingin sama sekali... beda dinginnya sebelum ngerendem di hotspringnya.
Sampe di camp area team kami ada yg beberapa udah tidur duluan karna besok kita semua harus nerusin buat turun ke pintu senaru, gue pribadi itu paling susah yg namanya tidur cepet & gue di temenin agung pendaki asal padang diluar tenda sambil minum kopi dan coba motret milky way / bima sakti di segara anak yg menurut gue keliatan jelas di mata ini bener-bener keren.!!!

Ini gue pribadi

Milky Way di Segara Anak
Foto-foto bima sakti / milkyway di Danau Segara Anak udah cukup, gue sama agung langsung masuk ke tenda masing-masing buat istirahat.

Sekiranya sampe disini dulu cerita di Part 2 dari Puncak Rinjani sampai Danau Segara Anak, gue bakalan ceritain dari pagi di Segara Anak sampe turun ke Pintu Senaru di Part 3 .
Karna cerita rinjani itu cukup banyak dan gk bisa di ceritain semuanya sampe part 2 hehehe.
Thanks udah nyimak agan-agan ;)